3 Jenis Oli Mobil Yang Harus Anda Ketahui

0
50

Ototips.com – Mesin mobil terdiri dari banyak bagian yang bergerak, yang mana masing-masing saling bergesekan dengan yang lain untuk menciptakan gerakan dan panas. Agar bagian-bagian tetap bekerja dengan lancar, maka dibutuhkan pelumas untuk mengurangi gesekan serta panas yang berlebihan pada mobil Anda. Oleh karena itu, yang berperan penting adalah minyak / oli, yang mana mampu menjaga mesin tetap dalam kondisi baik serta mampu menyerap panas yang berlebihan.

Mengingat bahwa oli mobil tersedia dalam berbagai jenis, sebagai pemilik mobil, ada baiknya jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang minyak / oli mobil, sehingga perawatan mobil bukan hal yang mustahil untuk Anda lakukan sendiri.

Adapun beberapa jenis oli yang perlu Anda ketahui adalah :

Oli Premium

Ini adalah oli konvensional yang tersedia dalam berbagai tingkat viskositas. Jenis minyak ini sebagian besar digunakan dalam kendaraan ringan, dan perlu diubah / diganti sekali setiap 4 bulan, atau setidaknya dua kali setahun. Sangat disarankan bahwa oli akan berubah segera setelah indikator ganti oli di mobil menyala.

Oli Sintetis

Jenis oli ini diformulasikan khusus untuk mesin canggih, seperti yang ditemukan di Mercedes-Benz. Mereka menjanjikan kinerja tingkat tinggi dalam aspek-aspek seperti perlindungan terhadap indeks viskositas. Oli sintetis jauh lebih mahal daripada oli konvensional. Hal itu dikarenakan oli sintetik mampu bekerja dengan baik diberbagai suhu pada mobil Anda.

Oli Campuran Sintetis

Oli campuran sintetis ini terdiri dari sedikit campuran sintetis dengan oli konvensional. Jenis oli ini diformulasikan dengan tujuan untuk menawarkan perlindungan terhadap kendaraan yang menanggung beban berat dan / atau bekerja dalam suhu tinggi, terutama SUV. Mengingat bahwa campuran oli sintetis tidak menguap dengan mudah, sehingga mengurangi hilangnya oli dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Manfaat lain dari hal ini adalah biayanya jauh lebih rendah daripada sepenuhnya sintetis.

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai berbagai jenis oli mobil yang tersedia, Anda juga harus memahami bahwa mengganti oli mobil Anda akan memerlukan filter oli. Seperti yang lainnya, filter oli yang Anda pilih harus didasarkan pada rekomendasi pembuat mobil Anda. Mengapa demikian? Karena Anda harus memastikan bahwa filter yang Anda pilih untuk mobil Anda tidak besar. Selain itu, Anda perlu mengisi oli yang cukup agar mobil berfungsi dengan sempurna.

Itulah pembahasan mengenai 3 Jenis Oli Mobil Yang Harus Anda Ketahui. Semoga bisa memberikan Anda pencerahan dan manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here