Diagnosa Mobil Sendiri Agar Mobil Tetap Terjaga dan Terawat

0
149

 

Hai oto lovers, kali ini ototips.com ingin mengulas hal hal yang perlu anda ketahui utntuk dapat mendiagnosa kendaraan anda.

kadangkala saat kita berkendara di jalan raya menemukan kejanggalan pada mobil kita, entah itu berupa bunyi bunyi, getaran pada body kendaraan ataupun muncul tanda peringatan pada dashboard anda, nah berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendiagnosis sendiri masalah pada mobil Anda.

  • Muncul Lampu Peringatan pada Dashboard

Coba pelajari untuk diketahui jenis lampu peringatan yang ada pada dashboard anda, karena setiap tanda peringatan mewakili sumber masalh yang ada pada mobil anda, apabila ada lampu peringatan yang menyala segeralah pergi ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut

 

Saat anda mengendarai kendaraan mobil dan mengalami steer yang tidak stabil, kadang narik kanan, kadang narik kiri. Biasanya permasalahan ini di sebabkan dari kaki kaki mobil anda. Entah dari long tie rod, end rod ataupun steering rak yang mulai oblak. Tetapi bila dari part tersebut tidak ada yang bermasalah maka cukup di spooring saja sudah cukup.

  • Cairan Menetes dari Bawah Kendaraan

Coba Anda lakukan saat memarkir mobil anda di bagasi atau tempat yang datar, diamkan semalaman dan coba cek kondisi dibawah bekas anda parkir, apakah ada tetesan minyak oli. Apabila ada, kemungkinan mobil anda mengalami seal yang mulai keras, biasanya kebocoran seal yang sering terjadi pada seal crankshaft depan/ belakang, seal cover valve dan seal oil filter. Segeralah bawa mobil anda ke bengkel resmi langganan anda.

 

  • Aroma Kabin Kendaraan Mulai Tak Sedap

Biasanya jika kendaraan anda mengalami hal ini, kemungkinan besar Air Conditioner mobil anda harus di service. Penyebabnya adalah karena banyaknya debu yang mulai menumpuk pada komponen komponen AC, seperti di Blower, evaporator dsb, yang mengakibatkan kinerja AC mbil anda tidak maksimal, dan bila tidak dibersihkan akan timbul kerusakan yang tidak diinginkan.

 

  • Rutinlah Untuk Pengecekan Mandiri pada Kendaraan secara berkala

Ada hal hal yang harus kita cek sendiri tidak perlu menunggu saat service berkala tiba, karena ada beberpa komponen yang harus selalu kita pantau dan cek setiap saat, apa saja sih komponen tersebut. Baterai (accu), ini salah satu komponen penting pada mobil anda, rutinlah mengecek ketinggian air accu agar tetap pada level normal.Oli mesin, Minyak rem, Air radiator dan tekanan ban.

 

Nah ….,itulah beberapa cara mudah agar kendaraan anda tetap terjaga dan dapat mengetahui gejala lebih awal, agar anda dan keluarga selalu dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here